bspradiopekalongan.com РSebanyak 11 Madrasah Tsanawiyah (MTS) di Kota Pekalongan, melakukan Deklarasi Sekolah Ramah Anak di Djunaid Convention Hall Pekalongan, pada Rabu 22 November 2023. Di Kota Pekalongan sebelumnya sudah ada satu MTS yang melakukan Deklarasi Sekolah Ramah Anak pada  Oktober lalu, yakni MTS Hidayatul Athfal.

Deklarasi MTS se-Kota Pekalongan tersebut, ditandai dengan penandatanganan komitmen Sekolah Ramah Anak oleh Walikota Pekalongan, Kepala Kemenag Kota Pekalongan, Dandim 0710 Pekalongan, Perwakilan Kapolres Pekalongan Kota, Camat Pekalongan Selatan dan para Kepala MTS, Guru, Siswa dan perwakilan Orang Tua Siswa. 

Walikota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid merasa bersyukur seluruh MTS yang ada di Kota Pekalongan berkomitmen menjadi Sekolah Ramah Anak. Menurutnya, ini menjadi dukungan bagi Pemerintah Kota Pekalongan untuk menjadi Kota layak anak.

Menurut Walikota, yang lebih penting dari deklarasi tersebut adalah pelaksanaanya di sekolah. Dimana sekolah menyempurnakan pola mendidik anak, karena ramah anak bukan berarti anak tidak dihukum jika salah tetapi bukan hukuman fisik yang diberikan melainkan pembinaan-pembinaan. 

Lebih lanjut dengan Madrasah Ramah Anak ini dapat membangun generasi penerus sebagai generasi emas ke depannya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Kerja Kepala MTs se-Kota Pekalongan sekaligus ketua panitia kegiatan, Ustadz Muchlisin menjelaskan. Deklarasi tersebut dilakukan dalam rangka menindaklanjuti SK Wali Kota tahun 2021 bahwa seluruh satuan pendidikan sudah di SK-kan madrasah ramah anak. 

Menurut Ustadz Muchlisin, pihaknya selaku pemangku kebijakan di satuan pendidikan menindaklanjuti SK tersebut, sudah rencanakan untuk deklarasi dari lebaran lalu namun baru bisa terselenggara hari ini. 

Lebih lanjut dikatakan, Kegiatan ini akan jadi landasan sehingga terkait dengan hak anak para siswa dapat terfasilitasi dalam pendidikannya serta guru paham bagaimana mengarahkan dan mendidik anak sesuai dengan konvensi hak anak. Selain itu juga tidak ada kekerasan dalam kegiatan belajar mengajar. (Adm-A01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *